Cara Membuat Label Undangan Dengan MS.Word


Posted By :  Bocah Genius

 

Tutorial Cara Membuat Label Undangan Dengan MS.Word

Bocah Genius

Bocah Genius

Selamat pagi gan… Kali ini ane sedikit share cara membuat label undangan dengan MS.Office, Untuk memenuhi request para pembaca karena sekarang lagi musim hujan jadi lagi banyak yang Merried hehehe, dan Ingin menulis nama yang di undang dengan print komputer.

sebenarnya sudah banyak para blogger yang sudah membuat tutorialnya tapi gada salahnya ane tulisin lagi secara detail sampai cara pengeprinannya.. oke gan berikut cara-caranya

Kali ini ane menggunakan MS.Office 2007. dan memakai label yang TOM & JERRY yang sudah biasa di pakai dengan ukuran LABEL 103

Caranya Sebagai Berikut:

1. Buka MS.Word di blank document Klik TAB MAILING, Lalu Klik LABEL

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

2. Setelah Terbuka TAB LABEL lalu Klik OPTIONS

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

3. Sampai terbuka tab lagi lalu klik NEW LABEL

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

4. Sekarang kita isi semua kolom yang saya beri tanda kotak merah ikutin aja angka2nya saya menggunakan ukuran “INCH itu ukuran label 103. klo sudah klik OK

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

5. Lalu pilih label yg tadi sudah kita buat, tadi saya beri nama Label 103, lalu klik OK

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

6. Timbul Page lagi lalu klik NEW DOCUMENT

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

7. Nah Sampai di sini kita sudah berhasil membuat label yang tinggal kita isi. mau isi manual boleh.. tapi saya mau isi secara otomatis agar tidak cape dan lebih  cepat, dengan kita buat daftar nama yg kita undang terlebih dahulu menggunakan MS.EXCEL Lebih baik kita SAVE Terlebih dahulu agar kita punya FILE MASTERnya jadi kita bisa pakai lagi nanti., Yuk ah lanjut……

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

8. Buka MS.Excel, lalu ketikan nama dan alamat yang kita undang seperti gambar di bawah. di urutkan aja terus ke bawah, nama di bawah kolom Nama, alamat di bawah kolom Alamat

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

9. Bila sudah selesai semua mengetik nama yg kita undang kita Save aja buat di satu folder sama file master label tadi, tujuannya agar gampang aja nyarinya klo ga terserah dah asal jangan di hatiku nyimpennya hehe, lebih baik di periksa aja dulu kali aja nama saya ketinggalan. hehehe

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

10, Sekarang kita memasukan File Excel daftar nama yang tadi kita buat ke dalam  label yang sudah kita buat tadi, Klik MAILING, >SELECT RECIPIENTS, >USE EXITING LIST.

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

11. Setelah timbul Page Select Data Resource, cari file Excel Daftar Nama yg sudah kita Buat, lalu Klik OPEN

Label 11

ScreenShoot BocahGenius

12. Lalu timbul Page lagi, Pilih Sheet1$, lalu klik OK

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

13. Kita di hadapkan dengan label kosong lagi, lalu klik Insert Merge Field, >Nama

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

14.  Akan timbul Tulisan #Nama# di kolom pertama. lalu enter ketik Di di bawah tulisan #Nama# lalu enter lagi. Kembali klik Insert Merge Field, >Alamat.

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

15. Setelah Timbul Tulisan #Alamat# di bawah DI yang kita ketikan tadijangan di enter langsung klik Rules > Next Record

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

16. Setelah Tampil Tulisan #Next Record# di samping #Alamat# lalu kita copykan ke kolom yang lain.

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

17. COPY PASTE kan ke kolom yang lain lalu atur berada di tengah-tengah kotak dan atur jenis FONT dan Ukuran FONT sesuka kita seperti gambar di bawah saya udah atur ukuran dan Jenis font dan sudah berada di tengah-tengah kotak

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

18.  Setelah sudah di atur dan menurut kita sudah pas lalu klik Finish & Merge > Edit Individual Document…

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

19.  Lalu Pilih ALL dan Klik OK

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

20.  Tara…… Semua Nama yang tadi kita ketik di EXCEL Secara otomatis sudah tertulis di label dan tinggal Kita print…..

ScreenShoot BocahGenius

ScreenShoot BocahGenius

 

Bagaimana dan Gampangkan… Selamat mencoba semoga sukses dan yang mao Merried Semoga lancar dan langgeng Amien…..

nah klo masih ada nama undangan yang ingin kita tambah tinggal ketik aja lagi di excel lalu buka dh file master labelnya tinggal ikutin langkah-langkahnya..

Oke gan segitu dulu ya.. semoga bermanfaat.

Salam BOCAH   GENIUS

 

Balas

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: